Senin, 15 Maret 2010

Pedoman untuk sukses



Pedoman untuk sukses
Masa Kecilku
By: Scrooge McDuck

1.      Kesuksesan itu tidak datang dengan begitu saja. Kesuksesan memerlukan kerja keras dan mebutuhkan waktu. Aku sekaya ini tidak dengan tiba-tiba. Dari kecil aku sudah berusaha keras untuk meraih impianku menjadi bebek kaya, dan sampai sekarang pun aku masih tetap bekerja keras.
2.      Jangan cepat menyerah, seberat apa pun cobaan yang menghampiri. Dulu sewaktu aku kecil, aku rela menyemir sepatu untuk mendapatkan sedikit uang demi ikut menopang kehidupan keluargaku.
3
.      Miskin di waktu kecil, belum tentu miskin juga di waktu dewasa. Semuanya bisa diubah dengan tekad yang kuat serta kerja keras. Ingat, ya, kerja keras!!!! (Catatan ini terutama untuk Donal!)
4.      Hidup ini keras, jadi kita pun harus keras dalam menghadapi hidup ini. Kita tidak boleh lemah menghadapi orang yang selalu merengek-rengek minta uang (seperti Donal) tanpa bekerja. Aku akan sangat tegas menghadapi orang seperti itu. Namun ingat, aku ini keras dan tegas, bukan kejam!
5.      Jangan cepat menyerah hanya karena ditipu. Anggap itu sebagai pengalaman yang paling berharga demi kemajuan kita. Berhati-hatilah terhadap para penipu yang berkeliaran memanfaatkan kita. Pengalamanku menyemir selama satu setengah jam dan dibayar dengan uang yang tidak berlaku di tempatku, menyadarkan aku bahwa begitu banyak penipu di dunia ini yang berusaha memanfaatkan kita. (Tega sekali si penggali parit itu!)
6.      Carilah sesuatu sebagai sumber inspirasi, bisa benda atau orang. Sumber inspirasiku adalah keping keberuntungan. Keping ini selalu membangkitkan semangatku untuk maju. Jadi, aku tegaskan sekali lagi, keping keberuntungan bukanlah jimatku!
7.      Nenek moyang kaya atau sukses belum tentu bisa membuat kita kaya atau sukses juga. Jangan pernah mengandalkan nenek moyang atau keluarga yang kaya. Berdirilah di kaki sendiri. Aku mempunyai nenek moyang yang kaya, tapi orangtuaku tidak kaya. (Jadi jangan terlalu mengharapkan warisan dariku, ya, Donal!)
8.      Kekayaan tidak bisa didapat dalam sekejap. Kumpulkan uang atau harta yang kita miliki dari sekarang sedikit demi sedikit.. Buktinya, dari sepuluh sen uangku bisa berkembang menjadi bermilyar-milyar, dan uang dalam Gudang Uangku tidak pernah habis bahkan selalu meningkat.
9.      Kenalilah silsilah keluarga. Dengan begitu, kita bisa mengambil hikmah dari pengalaman dan kehidupan mereka, baik yang sukses maupun yang gagal. (Aku bangga sekali dengan nenek moyangku)
10.  Jangan pernah malu melakukan pekerjaan apa pun asalkan pekerjaan itu baik, dan jangan pernah meremehkan suatu pekerjaan. Bagiku tak ada pekerjaan yang hina. Bagi orang lain, menyemir sepatu mungkin dianggap sebagai pekerjaan hina, tapi bagiku tidak. Dengan menyemir, aku bisa mendapatkan uang. Itu berarti aku bisa mulai mandiri, meskipun baru sedikit yang bisa kudapatkan. (Jadi, Donal, kamu jangan pernah malas menggosok koin-koinku dan membersihkan gudang uangku!)
11.  Miliki impian sejak kecil, lalu berusahalah meraih impian itu. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkannya. Sejak menerima keping Amerika itu, aku kemudian bermimpi ingin menjadi kaya dan bisa meraih kesuksesan. Untuk mewujudkannya, aku rela bekerja keras dan merantau ke berbagai negara.

Tidak ada komentar: