Sabtu, 20 Maret 2010

Haiti Butuh Dana US$ 11,5 Miliar

Haiti Butuh Dana US$ 11,5 Miliar

Liputan6.com, Port-au-Prince: Pakar internasional mengatakan, untuk membangun kembali Haiti yang hancur lantaran gempa dua bulan silam, diperlukan dana sebesar US$ 11,5 miliar. Dengan dana tersebut, Haiti diperkirakan mulai pulih dalam kurun waktu tiga tahun.

Biaya pembangunan kembali Haiti itu telah disimpulkan oleh para ahli dalam sebuah diskusi yang digelar, Rabu (17/3), di Republik Dominika, tetangga Haiti. Mereka menganggarkan sejumlah dana yang digunakan tidak hanya untuk membangun kembali infrastruktur sosial, tapi juga untuk pendidikan anak, persediaan air bersih, dan pencegahan gizi buruk.

Angka bantuan terbaru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencapai 1,4 miliar dolar Amerika Serikat. Negara-negara pendonor bantuan Haiti dijadwalkan bertemu pada 31 Maret mendatang di Markas PBB, New York, AS. Pertemuan itu membahas program-program bantuan. Berdasarkan perkiraan para ahli, gempa berkekuatan tujuh skala Richter pada 12 Januari silam itu menewaskan lebih dari 200 ribu orang.(AST/ANS/NHK)
by:Astrid Puspasari

Tidak ada komentar: